Antara Nilai atau Ilmu

Thursday, January 12, 2012



SEmpurna….

           Setiap orang memang mamiliki target hidup untuk mencapao kesempurnaan dalam hidupnya. Kami para pelajar pun ingin memiliki sesuatu yang diinginkan, yaitu sama.. menjadi apa yang namanya sempurna dan paling tidak mendekati apa yang dimaksud sempurna. Tapi, apakah kesempurnaan mampu menjamin segalanya?Kami pun heran, demi mencapai kesempurnaan apakah harus dikotori engan tangan yang tak tahu malu?
Memang dalam hal di sekolah, kami para siswa harus mampu bersaing demi kedudukan yang mampu mengimbangi mereka mereka yang ada di atas kami. Nilai memang penting dalam menentukan masa depan kami. Sekarang ini kan banyak sekolah sekolah bahkan para siswa yang mengejar PMDK demi lancarnya masuk ke perguruan tinggi. Kembali ke persoalan nilai, buat apa sih terlalu menginginkan nilai yang terlalu “ wah ” , toh kalau ujung-ujungnya nilai itu diperoleh dari nyontek bahkan ngepek. Aku memaklumi kalau mereka nyontek karena tidak bisa, toh aku juga pernah mencontek ketika aku tidak bisa mengerjakan soal. Tapi kalau ngepek??Buat apasih? Dengarkan saja apa yang diterangkan bapak ibu guru, siapa tahu ilmu mereka ada yang kita serap, mungkin.. :D tapi kalau kalian menginginkan nilai yang maksimal, raihlah dengan sungguh sungguh..
 Terlalu ngoyo untuk mendapatkan nilai yang segitu bagus tapi hasil dari ngepek??? Kan sama saja.. Aku pun sebagai siswa ikut prihatin terhadap apa yang dilakukan para siswa yang sekarang ini. Aku ga munafik sebagai seorang siswa, aku pun juga pernah ngepek waktu aku duduk di kelas VII SMP. Dan juga waktu aku ngepek, hasil ulangan ku dan sebelahku bukanya tambah bagus tapi malah sebaliknya. Tapi yang menjadi pertanyaanku saat ini, kenapa mereka sebegitu nekat melakukan hal tersebut. Apalagi ketika ada kakak kelas atau teman sekelas mendengar kita membicarakan hal hal berbau ngepek. Pasti mereka marah? Buat apa sih marah, bukannya harus malu? Kenapa mereka malah harus marah kepada kita, kita hanya bicara apa adanya, bukan mengada-ngada. Itulah yang membuat  membuat aku menjadi jengkel dan bingung. Seharusnya bagi yang ngerpek pun harus malu karena mereka sudah menjadi perbincangan dikalangan guru-guru. Yah, mau bagaimana lagi, sudah terlanjur kebablasan. Kebablasan dalam jumlah yang ngepek sudah telalu banyak.
Aku punya pertanyaan bagi kalian.. :D
“Manakah yang penting, ILMU atau NILAI ?”

You Might Also Like

0 comments

Followers

Total Pageviews

Translate