[ Untitled ]

Tuesday, November 20, 2018


Image Source : Google

“ Jadi apa yang sebenarnya dimaksud dengan cinta? Apa maksud dari mencinta? Bagimana kita tahu bahwa kita mencintai seseorang? ”

“ Kau akan selalu memikirkannya ”

“ Apa kau gila? Bagaima bisa  aku terus menerus memikirkannya? Aku bahkan terlalu sibuk jika harus memikirkannya seharian penuh! ”

“ Kau pasti akan mengingatnya, aku menjamin hal itu. Ketika kau sibuk, bahkan meskipun sesibuk apapun dirimu kau akan memikirkan dia. Ketika kau sedih bahkan ketika kau bahagia, atau bahkan ketika kau merasa akan marah. Kau pasti akan mengingatnya. Meskipun malam datang, kau tak akan pernah lupa atau bahkan berhenti memikirkan dirinya”

.................................

Begitulah kutipan yang selesai aku baca dalam sebuah situs di internet. Bagaimanapun juga aku pernah merasa, bahwa aku ada posisi yang sama. Tidak dapat dipungkiri pasti siapapun pernah mengalaminya. Tidak semua, mungkin sebagian besar. Benar? Bahwa dalam setiap hubungan percintaan kita belajar bahwa sesuatu memang terkadang pantas untuk diperjuangkan. Siapa yang diperjuangkan? Atau bahkan apa yang harus diperjuangkan? Hanya aku, kamu, atau dia yang akan tahu jawabannya

Dalam cinta kita tahu bahwa sekecil apapun pengorbanan dan perhatian sangatlah berharga. Baik ketika kau menyadarinya saat itu juga atau ketika kau menyadarinya disaat itu sudah terlambat. Benar, terlambat! Dari hal tersebut kau akan belajar, bahwa benar hal sekecil apapun akan menjadi penting bagi insan yang sedang dilanda cinta.

Kau tahu bahkan dalam berberapa kasus, mencintai terkadang terasa membingungkan. Bagaimana tidak, aku merasa bahwa kau memberikan perhatian lebih padaku, atau kau menangkap dan merespon gelagatku yang dengan jelas pasti bisa kau tebak bahwa aku mencintaimu. Tapi respon darimu belum cukup membuatku percaya bahwa “ Oh ya! Dia pasti juga mencintaiku” semacam ragu yang tak kunjung berlalu. Semacam sepihak!

Aku pernah merasakan bagaimana rasanya mencintai secara sepihak bahkan dalam jangka waktu yang lama. Mungkin aku tahu bahwa sebelumnya aku mencintai seseorang dan memang sepertinya berbalas. Hanya saja aku tak bisa memberikan bukti yang kuat bahwa aku mencintai dia, bahkan sampai waktu empat tahun. Singkat? Aku rasa tidak. Bahkan dalam empat tahun aku tak pernah memikirkan bahwa aku harus mencari perempuan lain yang jelas-jelas ada untukku, ada disisiku, nyata bagiku. Bagaimanapun aku sudah berjanji bahwa aku akan memberikan bukti, nyatanya tidak tersampaikan dengan baik. Mengambang. Bahwa sepertinya hanya aku saja yang berjuang.

Aku pernah berkata bahwa dia berharga dan dia segalaya. Sama seperti yang sedang kau rasakan mungkin. Tapi percayalah jika kau berkata bahwa dia berharga namun dengan mudahnya dirimu membiarkan perasaanmu lepas, artinya dia tidak benar benar berharga bagimu. Kau hanya merasa saja, tidak lebih. Perjuangkan. Kau hanya perlu menunggu sedikit lebih lama lagi dari sebelumnya. Kau hanya perlu berjuang, mungkin di sana dia sedang berjuang dengan caranya sendiri tanpa kau sadari.

Mungkin apa yang kau alami berbeda dengan yang aku alami, sebesar apapun aku berjuang aku tak akan pernah bisa, tak akan pernah bersatu. Karena aku dan dia berbeda, hanya adapembatas tipis yang tidak bisa kami apa-apakan. Sehingga kami diam, menyadari keadaan dan kemudian mundur perlahan. Karena kami sadar, lebih baik kita seperti biasa daripada memberatkan Tuhan kita masing-masing. Tapi kau berbeda, kau masih bisa dipersatukan. Hanya perlu menunggu dan memberikan perhatian, tidak lebih

Kalau kau memang sudah berjuang namun kau sendiri yang merasa bahwa itu sia-sia, silahkan kau hanya perlu kembali kepada pernyataan bahwa yang namanya cinta ataupun jodoh sudah ada yang mengatur, memilihkan terbaik bagi kita. Sebesar apapun usaha yang kau berikan jika Tuhan tidak mengizinkan maka kau harus terima. Mungkin itu yang terbaik

Jadi apa itu cinta? Entahlah. Mungkin bagian dari rasa sayang, perhatian, pengorbanan dan perjuangan yang tidak sepihak.


Rembang, 20 November 2018

You Might Also Like

6 comments

Followers

Total Pageviews

Translate