Benteng Vredeburd, Lambang Perdamaian Indonesia Belanda

Thursday, February 05, 2015

Terakhir kali aku ke Yogjakarta untuk mengunjungi saudara yang ada di sana. Memang Jogja kota yang sangat luar biasa, begitu rame dan kaya akan budaya. Kenapa tidak? Jogja adalah salah satu provinsi yang masih menjunjung erat tradisi dan kebudayaan. Banyak sekali bangunan peninggalan sejarah yang ada di sana mulai dari peninggalan alam maupun yang berwujud bangunan. Aku sengaja ke Jogja untuk mengunjungi Museum Vadreberg yang menjadi sembol perdamaian Indonesia dengan Belanda. Bangunan yang terletak di Jl. A Yani No. 6, persis didepan Gedung Agung atau utara titik nol kilometer. Bangunan ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1760, atas permintaan pemerintahan Belanda yakni, Nicolas Harting.

Tidak hanya menyuguhkan indahnya arsitektur Belanda, museum yang semula adalah benteng ini menyuguhkan berbagai diorama dan miniatur bagaimana dulu Indonesia dan Belanda pernah berseteru. Bangunan ini sangat wajib dikunjungi jika kalian memiliki waktu untuk berkunjung ke Jogja. 













Aku sengaja memotret berberapa sudut bangunan Benteng tersebut sebagai bahan untuk bercerita dengan kalian semua. Untuk dapat berkunjung ke tempat ini sangat gampang dan tak perlu khawatir. Kalian bisa menggunakan trans jogja jalur 1A, 2A, 3A dan turun di halte Malioboro 2 kemudian dilanjutkan jalan kaki 100 meter. Bisa juga Anda menggnakan Becak, taksi bahkan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda 4.

Silahkan berkunjung ke Yogyakarta J



You Might Also Like

0 comments

Followers

Total Pageviews

Translate